Alhasil, saya ganti karbunya. Hasil googling di forum2 lokal :
1. Karbu ukuran 24 banyak yg jual, keihin kw, tapi saya kontak seller-seller-nya banyak yang nggak ngerti mj/pjnya harus pake apa. Kualitas kw pula.
2. Mikuni (for a reason, ukuran pj/mjnya lebih make sense, langsung nyambung di otak) ukuran 24, banyak nemu yg asli made in jepang, tapi seken dari bekas yamaha rx-special (or rx-k? ), bukan rx king (venturi 26mm). Iseng2 saya embat satu, datanglah si karbu, pas dicek, mj145 pj30, kayaknya bakal kegedean buat mesin 125cc si madass. Bener juga, dipasang, idle saja mesinnya sudah kaya mau lari, rpm kenceng walau settingan idle/air screw dibuat paling kecil. Lari ke dealer yamaha, eh, mereka sudah nggak punya spare rx-s (ketuaan om..kasihan deh..). Failed option !
3. Solusi yang paten, berarti harus cari karbu asli yg masih disupport partnya sama dealer. Googling lagi, motor2 110-125cc (supra x, shogun, jupiter) paling banter pake karbu ukuran 18mm (misalkan karbu shogun, mikuni vm18). Tentunya tidak memadai untuk madass yg aslinya sudah 22mm. Jupiter mx (135cc) malah hanya pake karbu mikuni vm22. Motor diatas itu (150cc, fu150, byson) pake karbu 26mm, atau malah 28mm. Ya udah berhubung niatnya bukan buat korek mesin naikin cc, jadi saya ambil karbu si jupe mx untuk pasang di madass.
Jupiter MX punya karburator yg cukup unik, mikuni vm22, tapi saya cari di website mikuni nggak ada datanya. Dia punya TPS (throttle position sensor, potensiometer yg kasih tau posisi throttlenya), dan fuel pump yg akan menyemprotkan bensin saat throttle ditarik kencang (akselerasi mendadak, mungkin harus full throttle, blom dicek). Belum tau TPSnya mau digunakan buat apa, tapi fuel pumpnya boleh juga tuh, ada improvement-lah dari karbu madass. Oya, bonusnya, chokenya pake kabel, jadi tuas choke di setang madass bisa kepake.
Ok, datanglah karbu si mx, aslinya datang dengan mj/pj 103.8/20, pilot jetnya saya google tipe vm28/486, main jetnya tipe N102/221. Saya cek di ebay juga banyak stocknya, mantap. Lalu dipasang..
Pertama kali saya mau coba pasang dengan air filter asli si madass, baru nyadar kalau si vm22 ternyata gede banget compare sama yg tua. Secara dimensi, masih bisa masuk, duduk di air filter mountnya dengan pas. Tapi lubang mounting ke intake manifoldnya kok beda. Karbu si madass, lubang screw intake nya di arah jam 10 dan jam 2, si vm22, lubang screwnya lebih lebar, arah jam 10 dan jam
3. Repot ini namanya.
Setelah dipikirkan lagi, optionnya :
- intake asli di bor buat lubang baru, (karbu lamanya jadi gak ada intakenya, siapa tau kepake), filter stock.
- pake intake adjustable yg dibeli buat karbu 24mm sebelumnya, di bor, otomatis pakai filter after market.
Akhirnya pilih option 2, in case suatu saat mau balik ke karbu dan filter udara aslinya.
Oke, manifold adjustablenya di bor biar pas. Karbu dipasang, agak repot juga, dipasang lurus gak bisa karena adjustable intakenya lebih tinggi, karbu kejedug frame atas, jadi harus miring dikit. Miring ke kiri, eh kok harus posisi no2, posisi 1nya masih kejedug karbunya. Alhasil karbu kaya 80 degree nyondol keluar disisi kiri motor, coba puter ke kanan aja, posisi 1 juga mentok, posisi 2 ternyata bisa lebih masuk dibanding waktu disebelah kiri. Ok. Pasang.
Habis itu, masalah baru, filter after marketnya pake apa?
Kalo bisa order k&n via ebay, kn rc 2290 pasti saya beli, tapi lokal??? Karbu vm22 (juga stocknya si madass), lubang air filternya diameter 40mm, cari2 di forum lokal, banyakan jual buat diameter 48mm ke atas (karbu 28), untungnya nemu filter koso pro 1, sekitar 150rb, bisa untuk diameter 48mm dan 44mm (karbu 24mm), ya udah, dicoba. Tapi 44mm dan 40mm, ternyata masih banyak area diantaranya. Filter juga nggak bisa dipasang direct karena tuas choke di karbu bakal terganggu fungsinya. Seminggu lebih mikirin solusi ini, nemunya di toko besi. Beli belokan pipa paralon ukuran 1.5 inci, potong ujung2nya yg membesar biar mulus, filter koso dibuka adapter 44mmnya, filter 48mmnya dipasang disalah satu ujung pipa, PAS banget, trus ujung satunya digergaji berapa kali biar ada pilah2 kecilnya (supaya bisa mengecil diameter lubang totalnya saat diikat), trus adapter karet 44mm yg tadi, dimasukkan ke sisi pipa berbilah. Coba dipasang lagi ke karbu, masih kurang dikit. Ya udah, ambil high heat temp tape (tape apa saja bisa sih), saya tapi area dudukan filter si vm22 sampe cukup tebal, masuk deh pipanya sekarang.
Mungkin akan ada yg nanya, kok ditekuk 90degree? Ke arah atas pula? Jawaban saya : soalnya kalo mau lurus, akan nonjol keluar banget filternya. Belok lebih pendek hasilnya, dan dibelokkan ke atas sengaja. Why? Karakter filter kaya gini, kalo hujan juga pastinya basah dan air bisa masuk ke mesin. Alhasil mesin brebet / mati saat hujan, atau orangnya dipaksa berteduh. Tapi dengan desain saya ini, kalo hujan ya taruh saja gelas/tabung plastik tupperware diatas si filter, kampungan memang, tapi filternya jadi ANTI AIR !!! mungkin harus dikasih cantolan di tupperwarenya biar nggak jatuh pas ngebut hujan2..he..he..
Masalah terakhir, kabel gas. Karena dudukan kabel gas di atas si karbu beda, jadi akhirnya terpaksa beli kabel gas asli jupiter mx, kabelnya mengakomodasi fungsi fuel pump, jadi worth juga dibeli. Panjangnya sama dengan bawaan madass. Satu sisi isinya satu kabel, satu sisi lagi isinya 2 kabel. Ditengah2 ada tabungnya buat mekanisme nyambungin 1 dan 2 kabel tadi.
Pas dipasang, kabel dimasukkan ke frame2 dibawah spidometer, setang diputer, tabung tengahnya kepentok body sama setang, alhasil kabel gasnya tertahan gak mau balik, mesin meraung terus. Ya udah, solusinya kabel di route diluar frame. Ujung kabel yg masuk ke handle gas, sayangnya nggak berulir, jadi ya agak repot saja nguliti karetnya dikit biar ujung kabel bisa dimasukin ke lubang handle.
Settingan :
1. Buka busi, bersihkan dari kerak2 lama, biar analisa businya ok.
2. Set idle screw kira2 1400rpm, saya sih pake feeling dari suaranya, mesin meraung dikit.
3. set air/fuel screw full masuk ke dalam. Mesin akan brebet mau mati, putar keluar 1/2 putaran, tunggu semenit, bandingkan suara mesinnya, mesin akan naik rpmnya sampai suara tertinggi, trus akan turun lagi rpmnya. Stop dipuncak rpm itu, bisa geser kanan kiri dikit kalau mau agak kaya/tipis bensinnya.
4. Putar idle screw biar rpm turun ke posisi idle standar, mesih menyala lemah cukup, tapi juga tidak mati.
5. Tunggu 5-10menit. Matikan mesin, cek busi. Warna busi sudah pas, settingan idle selesai.
6. Habis itu nyalakan mesin, coba tarik gas dari idle sampe pol, rasakan transisi throtlenya dari suara si motor, apa tersendat, jadi brebet, ngempos, dll. Anehnya di madass saya, semuanya lancar jaya alias tarik full, rpm naik drastis, tahan full throttle bentar, langsung lepas gas, juga rpm juga turun responsif, indikasi settingan jarum dan clipnya, juga main jetnya cukup. Nggak ada batuk2 atau tanda2 lainnya, mungkin nanti saya test full throttle dengan beban, nanjak dengan full throttle, langsung matiin mesin dan cek busi..nantilah..
Stage 1 sudah beres, karbu sudah ganti, air filter, oya, pipa egr-nya saya blok dengan tape untuk sementara, sampai nanti dibuatkan plate blocking. Feelingnya sih, suara motor jd lebih kenceng (gara2 open filter?), gas lebih responsif. Kita lihat di real ride test nanti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar